Sejarah Kesultanan Banten


Kesultanan Banten

 

kamera digital

Kesultanan Banten
Kesultanan Banten

Kesultanan Banten adalah sebuah kerajaan Islah yang pernah berjaya di Provinsi Banten Indonesia yang berawal sekitar tahun 1526 M, yaitu ketika Kerajaan Demak memperluas pengaruh kerajaanya ke kawasan pesisir barat Pulau Jawa

Penaklukan wilayah tersbut dipimpin oleh Maulana Hasanuddin, putera dari Sunan Gunung Jati. Maulana Hasanuddin pun mendirikan sebuah benten pertahanan yang menjadi pusat pemerintahan setelah menjadi kesultanan Banten yang berdiri sendiri.

Kesultanan mampu berjaya selama 3 abad yang mampu  bertahan bahkan mencapai kejayaaan yang luar biasa, yang pada saat bersamaan penjajah-penjajah dari Eropa mulai berdatangan dan menanamkan pengaruh mereka. Kedatangan penjajah tersebut membuat persaingan dan perang saudara dengan kekuatan global memperebutkan sumber daya maupun perdagangan,  serta ketergantungan terhadap persenjataan telah melemahkan hegemoni dan kekuasaan Kesultanan Banten atas wilayahnya.

Benteng Surosowan

Pada tahun 1813 M kekuatan politik di kesultanan Banten akhirnya setelah Istana Surosowan sebagai simbol kekuasaan di Kota intan dihancurkan, dan pada masa akhir pemerintahannya, para Sultan Bantan tidak lebih menjadi raja bawahan dari pemerintahan kolonial di Hindia Belanda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s