Asal Muasal Suku Baduy (Urang Kanekes) Banten


Suku Baduy

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Orang kanekes/Urang kanekes atau yang sering orang bilang Baduy/Badui adalah sekelompok masyarakat dari sub-etnis sunda, yang bermukim di Provinsi Banten Tepatnya di wilayah Kabupaten Lebak, Baduy memiliki populasi sekitar 5.000 sampai 8.000 orang, suku Baduy terkenal menerapkan sistem isolasi/pengasingan dari dunia luar. Bahkan melarang untuk di Foto khusus wilaya Baduy dalam.

Asal Muasal Nama Baduy

Nama “Baduy” sendiri adalaha sebutan yang disematkan oleh penduduk luar kepada kelompok tersebut, Awalnya sih dari sebutan para peneliti yang datang dari Belanda yang menyamakan mereka dengan kelompok Arab Badawi yaitu masyarakat yang suka berpindah-pindah (Nomaden). Hal lain yang memungkinkan penyebutan nama baduy yaitu keberadaan sungai Baduy dan Gunung Baduy yang berlokasi di bagian utara wilayah baduy tersebut, sementara mereka sendiri lebih menyukai disebut urang kanekes atau “Orang Kanekes” sesuai dengan nama wilayah mereka, atau sebutan yang lebih merujuk kepada nama kampung mereka, seperti halnya urang Cibeo.

Letak Wilayah Suku Baduy

Suku baduy bermukim di desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak Rangkasbitung, Banten. Dari kota rangkasbitung berjarak sekitar 40 Km, wilayah kanekes adalah bagian dari pegunungan kendeng dengan ketinggian 300 – 500 m diatas permukaan laut (DPL)terebut mempunyai bentuk tofografi bergelombang dan berbukit dengan kemiringan tanah rata-rata mencapai 45 %, yang merupakan tanah vulkanik (di bagian utara), tanah endapan (di bagian tengah), dan campuran (dibagian selatan). Suhu rata-rata 200 C. Tiga desa utama orang kanekes dalam adalah Cikesik, Cikertawan, dan Cibeo.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s