Ditanya Apakah Indonesia Sedang Krisis? Sri Mulyani: Nggak Sama Sekali


SRI MULYANI

Detik.com Jakarta -Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan Indonesia tak sedang mengalami krisis ekonomi. Ekonomi Indonesia masih tumbuh sekitar 5%, meskipun melambat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Apakah Indonesia alami krisis? Nggak sama sekali. 5% masih bagus untuk kondisi sekarang,” ungkap Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan anggota Komisi XI di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Akan tetapi, ada beberapa sektor yang memang perlu mendapatkan perhatian khusus. Misalnya, sektor pertambangan dan perkebunan mengalami kontraksi yang cukup signifikan.

“Kita akui, itu kronis yang bisa menimbulkan krisis kepercayaan, makanya kita harus adjust,” tegasnya.

Dari sisi politik, kata Sri Mulyani, juga tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Memang ada dinamika yang terjadi, akan tetapi tidak sampai menimbulkan ketegangan yang berlebihan. Terutama ketika memutuskan produk Undang-Undang yang berkaitan dengan ekonomi.

“Politik juga tidak, selalu masih ada jalan keluar,” tuturnya.

Sekarang, pemerintah dan DPR sudah memiliki tradisi yang bijak dalam pengambilan keputusan. Sehingga memberikan kepastian, tidak hanya untuk kedua belah pihak namun juga terhadap masyarakat secara umum.

“Nggak ada misalnya, pemerintah mau defisit 10%, terus DPR mau defisit 15%. Saya rasa nggak seperti itu,” terang Sri Mulyani.
(mkl/hns)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s