Merapat ke PDIP, Gerindra Sodorkan ATN untuk Posisi Cawagub


pilgubbanten2017

SERANG – Konstelasi politik di Pilkada Banten 2017 sudah semakin jelas. Pasalnya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Amanat Nasional (PAN) mulai memberikan sinyal koalisi. 

PAN melabuhkan pilihan kepada pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Wahidin Halim-Andika Hazrumy. Artinya, PAN bakal bergabung dalam koalisi Partai Golkar, PKS, Partai Demokrat, dan Partai Hanura.

Sementara meski belum mengantongi surat keputusan resmi dewan pimpinan pusat (DPP), Partai Gerindra dan Partai NasDem mengisyaratkan berkoalisi dengan PDIP, yang sejak awal mengusung Rano Karno menjadi bakal calon gubernur. Untuk bakal calon wakil gubernur, Gerindra akan merekomendasikan mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman (ATN).

Dengan koalisi tiga parpol tersebut, sinyal kuat pasangan Rano-ATN sudah memenuhi syarat pencalonan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten. PDIP mempunyai 15 kursi, Gerindra sepuluh kursi, dan NasDem lima kursi. Adapun syarat minimal pencalonan 17 kursi di DPRD Banten.

Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Mayjen (purn) Amir Tohar mengatakan, komunikasi sudah dibangun di tingkat pusat untuk berkoalisi mengusung pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur. “Koalisi (dengan PDIP-red) tinggal menunggu waktu saja,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler pukul 22.15 WIB, tadi malam.

Amir juga menegaskan, Gerindra siap untuk mengusung bakal calon wakil gubernur. Ia menegaskan, Gerindra akan merekomendasikan ATN sebagai bakal calon wakil gubernur untuk mendampingi Rano. “Gerindra rekomendasikan ATN menjadi bakal calon wakil gubernur. Rekomendasi ini tinggal diteken ketua umum,” ujarnya.

Amir menegaskan bahwa Gerindra merekomendasikan Taufik Nuriman dengan pertimbangan matang. Salah satunya karena ATN dinilai punya track record bagus sebagai kepala daerah. “Ia (Ahmad Taufik Nuriman-red) dua kali berturut-turut sebagai Bupati Serang. Ia juga juga pernah menjabat sebagai wakil bupati. Itu adalah modal bagus sebagai pemimpin. Ia punya kapasitas sebagai bakal calon wakil gubernur,” tegasnya seraya menambahkan, apa pun keputusan DPP harus dipatuhi oleh semua kader Gerindra.

Dihubungi terpisah, ATN menyatakan terima kasih bila diberikan kepercayaan untuk diusung sebagai bakal calon wakil gubernur. “Saya mengapresiasi bila Gerindra benar-benar mengusung saya sebagai bakal calon wakil gubernur,” tegasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s