Kejari Terus Bongkar Kasus Korupsi Dana Bansos Kemendikbud di Serang


korupsidanabansos

POJOKSATU.id, SERANG – Kejari Serang telah memeriksa belasan pengurus lembaga yang menerima bantuan sosial dari Kemendikbud pada 2015 silam. Mereka dimintai keterangan terkait dugaan korupsi penyaluran dana tersebut.

Kepada penyidik mereka mengakui bahwa dana bansos yang diterima telah dipotong 50 persen. “Ada 12 pengurus dari penerima dana bansos di Kabupaten Serang. Kebanyakan dari mereka adalah lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini-red). Mereka memenuhi panggilan tidak secara bersamaan,” kata Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Kejari Serang Agustinus Olaf Mangotan.

Diketahui, ada 295 lembaga di Kabupaten Serang yang menerima dana bansos tahun 2015. Jumlah itu sesuai dokumen lembaga penerima dana bansos yang diperoleh dari Kemendikbud RI.

Penyidik Kejari Serang yakin ada penyimpangan dalam penyaluran dana bansos tersebut. Indikasi itu muncul setelah 150 lembaga penerima di Kota Serang diselidiki.

Setidaknya, ada dua oknum yang mengakui sebagai koordinator pemotongan dana bansos di Kota Serang. Oknum berinisial As dan S itu mengaku memotong sekitar 40 persen sampai 60 persen dari dana yang diterima masing-masing lembaga.

Ketika diperiksa, S mengaku meraup Rp 261 juta dari pemotongan dana bansos. Namun, menurut dia, uang haram itu kemudian diserahkan kepada seorang oknum berinisial K.

Sementara, As juga tidak menyangkal perbuatannya. Dia mengaku bertanggung jawab terhadap pemotongan dana bansos yang diterima oleh 50 lembaga penerima. Hasil pemotongan disetorkan oleh ke oknum di Kemendikbud RI.

(nda/alt/dil/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s