Pemutakhiran Data Pemilih, KPU Banten Terjunkan 16.947 Personel


pilkadaserentak

Serang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten menerjunkan 16.947 Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) ke 1.551 desa/kelurahan di seluruh Provinsi Banten pada 8 September-7 Oktober 2016.

Komisioner KPU Banten Didih M Sudi mengungkapkan data sinkronisasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir sebanyak 8.023.955 pemilih. Sementara Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 7.513.718 pemilih, dan Statistik Data Aktif Daftar Pemilih sebanyak 8.824.350 pemilih.

“Dalam waktu sebulan ke depan kami akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit),” ungkap Didih kepada wartawan usai menggelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih), Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit), di Aula KPU Banten, Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (7/9) sore.

Menurut Didih, sinkronisasi bertujuan untuk memastikan apakah pemilih tetap ada dan tidak pindah domisili atau sudah meninggal dunia. “Jika ada yang sudah pindah domisili di luar Banten maka nama pemilih tersebut dihapus. Hal yang sama juga jika ada yang sudah tercantum dalam DPT pemilu terakhir namun ternyata telah meninggal dunia juga akan dihapus. Demikian juga anggota TNI/Polri yang masuk dalam daftar pemilih juga akan dihapus,” ujarnya.

Didih menjelaskan, hasil coklit kemudian akan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). “Kemungkinan data tersebut bisa bertambah dan berkurang, termasuk juga pemih pemula,” kata Didih. Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan diplenokan pada 7-8 Desember 2016.

Suara Pembaruan

Laurens Dami/JAS

Suara Pembaruan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s